Siapa Pendiri PT Parnaraya

PT Parna Raya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa logistik di Indonesia. Perusahan ini termasuk dalam kategori perusahaan yang besar. Dibangun sejak tahun 1960, Parnaraya Group terus berkembang dan selalu eksis hingga sekarang ini. Bahkan, anak perusahaannya semakin banyak dan tersebar luas di Indonesia maupun di luar negeri. Lalu, siapa sebenarnya pendiri Parnaraya Group?

pemilik pt parna raya

Pendiri PT Parna Raya

PT Parna Raya didirikan oleh seorang Batak bernama Marihad Simon Simbolon (pemilik pt parna raya). Sejak tahun 2012 hingga tahun 2018 ini, ia menjabat sebagai penasihat Punguan Simbolon dohot se-Indonesia. Ia mendirikan perusahaannya ini pada tahun 1960. Awal mula berdirinya perusahaan ini adalah sebuah bisnis keluarga. Bisnis keluarga yang hanya bermula dengan sebuah truk tersebut ia kelola dengan baik.

Akhirnya, perusahaan keluarga ini berkembang. Mulanya, truk digunakan untuk mengangkut barang dari Tanjung Priuk ke Jakarta. Seiring berjalannya waktu, Group Parnaraya terus melejit dan naik daun. Dari keuntungan yang didapatkan, akhirnya armada ini tumbuh dengan besar dan memiliki trailer dan tronton dalam jumlah lebih dari 100 unit.

Sukses dalam bisnis ini, akhirnya Parnaraya Group mulai melirik bisnis lainnya. Ketika ada kesempatan muncul, pendiri perusahaan ini terus berpikir maju untuk memperluas bisnis transportasi lautnya kea rah yang lebih luas lagi.

Pada tahun 1980, kesempatan muncul dalam perdagangan komoditas. Pemilik dari perusahaan ini yaitu Marinhad berinisiatif untuk berkelana melakukan komoditi perdagangan dengan mengangkut berbagai macam barang yang dihasilkan oleh Negara seperti pupuk, garam bermutu tinggi, semen, kayu pulp, dengan bekerja sama dengan industry-industri besar di benua Australia.

Tidak sampai disitu saja, pada pertengahan tahun 1990, kesempatan lain juga muncul. Marinhad yang berasal dari Batak ini mencoba untuk melakukan bisnis di bidang gas. Niat awal yang dimilikinya adalah untuk mengamankan pembelian dari gas bumi. Namun, dari bisnis inilah kemudian lahir satu-satunya pabrik swasta milik pribadi yaitu pabrik Ammonia dan Freehold.

Kedua pabrik tersebut terletak di Bontang Kaltim. Dengan demikian, PT Parnaraya benar-benar telah berkembang dengan pesat dan memperluas jaringannya hingga ke berbagai macam jenis usaha. Meskipun belakangan pemilik Parnaraya tersandung kasus korupsi, namun ia tetap menjadi sosok yang menginspirasi.

Parna Raya Niaga © 2018 Parna Raya